Minggu, 26 Maret 2017 12:23 WIB


Korek Mesin 2-Tak

Menaikkan Kompresi Primer 2-Tak

 Kamis, 11 Agustus 2016 11:31 WIB

Penulis : Aong
Foto : Istimewa


Suplai gas bakar di mesin 2-tak harus melewati ruang karter. Makanya supaya gas bakar lebih cepat sampai silinder, bisa diakali dari ruang karter ini. Ruang karter harus dibikin padat, agar gas bakar mudah terpompa menuju silinder.

Cara agar ruang karter lebih padat, bisa diakali dari bandul kruk as. Coakan di bandul kruk as harus ditutup, supaya volume ruang karter menyempit. Akibat ruang karter yang sempit itu lah membuat gas bakar lebih cepat terdorong keluar menuju silinder.

Zaman dulu banyak mekanik yang menutup coakan bandul kruk as dengan timah. Atau ada juga yang menutup coakan bandul kruk as dengan aluminium. Namun risiko menggunakan bahan logam, membuat bobot kruk as jadi berat. Bukan saja mengurangi balancer mesin, tapi juga membuat putaran mesin jadi berat.

Nah, akhirnya banyak mekanik yang memasang teflon untuk menutup coakan di bandul kruk as. Kalau dulu mungkin masih repot harus mencari bahan teflon dan harus membentuk sendiri sesuai bentuk coakan kruk as. Namun kini sudah banyak dijual bebas yang tinggal pasang.

Teflon untuk menutup coakan bandul kruk as, kini dijual untuk beberapa mesin 2-tak. Seperti untuk Kawasaki Ninja 150 atau Yamaha F1Z-R sudah tersedia. Harganya pun terjangkau dan mudah dalam pemasangan. (www.motorplus-online.com)



KOMENTAR ( 1 )

    • athef ayaz ys putra
    • Jumat, 27 Januari 2017 12:19 WIB
    Siang min.. Kayaknya teflon buat F1ZR masih asing dipasaran.. Kalo boleh tau ada bocoran dimana bisa dapetinnya? Thks sebelumnya.
  • Silahkan Login untuk kirim komentar anda.

Terkait

Mengatur Power Mesin 2-Tak
Korek Mesin 2-Tak
Mengatur Power Mesin 2-Tak

Jumat, 05 Agustus 2016 17:59 WIB

2-Tak Naik Stroke Plus Naik Kompresi
Korek Mesin 2-Tak
2-Tak Naik Stroke Plus Naik Kompresi

Jumat, 05 Agustus 2016 10:56 WIB

Cara Korek Lubang Bilas 2-Tak
Korek Mesin 2-Tak
Cara Korek Lubang Bilas 2-Tak

Kamis, 04 Agustus 2016 20:30 WIB

Tinggi Lubang Buang Mesin 2-tak Untuk Balap (3-Selesai)
Korek Mesin 2-Tak
Tinggi Lubang Buang Mesin 2-tak Untuk Balap (3-Selesai)

Rabu, 20 Juli 2016 19:55 WIB

Tinggi Lubang Buang Mesin 2-tak Untuk Balap (1)
Korek Mesin 2-Tak
Tinggi Lubang Buang Mesin 2-tak Untuk Balap (1)

Rabu, 20 Juli 2016 19:55 WIB

Komponen Modif Part Pendukung Yamaha F1ZR Underbone 2-Tak
Yamaha F1ZR 2004 (Solo)
Komponen Modif Part Pendukung Yamaha F1ZR Underbone 2-Tak

Kamis, 23 Juni 2016 09:35 WIB

Photo

Indeks

MOS

Indeks
Gathering Vario 125-150 eSP Tangerang Owner Community
Gathering Vario 125-150 eSP Tangerang Owner Community
Gathering Vario 125-150 eSP Tangerang Owner Community

Minggu, 19 Maret 2017 21:31 WIB