Selasa, 28 Maret 2017 18:57 WIB


Tes Porting Halus Inlet & Ruang Bakar (2)

Tes Porting Halus Inlet & Ruang Bakar, Dimaksimalkan Head & Lubang Exhaustnya Yang Diperhalus Agar Permukaan Mengilap

 Senin, 05 Mei 2014 18:30 WIB

Penulis : Athaya
Foto : Athaya


Ruang bakar setelah diampelas halus, dikilapkan pakai batu ijo

Selanjutnya, head dilepas dan lubang exhaustnya dihalusin pakai ampelas ukuran 150 yang dililit di ujung mata bor korek. Kemudian diperhalus lagi pakai ampelas nomor 2.000 sampai permukaannya terlihat mengilap. Sedang inletnya, dibiarkan standar yang permukaannya masih kayak kulit jeruk.

Sementara, ruang bakar, kubah kepala silinder diperhalus pakai ampelas 2.000. Lalu dikilapkan dengan digosok pakai batu ijo. Hasilnya ketika dyno ulang, peak power langsung naik jadi 11,92 hp (naik 0,51 hp).

Memang secara puncak tenaga, naiknya tidak terlalu banyak. Tapi, tenaga 11,92 hp itu diraih di putaran yang lebih tinggi dibanding sebelum exhaust dan ruang bakarnya diperhalus, yakni di 8.910 rpm. Nah, di rpm yang sama (8.900-an) waktu exhaust dan ruang bakar belum dihalusin cuma mampu meraih 9,391 hp. Gapnya sampai 2,529 bro, banyak kan? Power band, artinya makin luas.

Begitu pula dengan torsi yang terdongkrak jadi 12,78 Nm di 6.320 rpm (naik 0,33 Nm). Coba deh perhatikan tabel dynonya, di 6.000 rpm naiknya langsung drastis jadi 10,3 Nm. Sementara sebelum exhaust dan ruang bakar dihalusi, di putaran segitu (6.000 rpm) torsinya cuma tembus 8,839 Nm. Gapnya hampir 1,5 Nm tuh. Lumayan kan? (www.motorplus-online.com)

Torsi (Nm)

Rpm          Porting standar         Inlet + ruang bakar halus

5.500         6.125                             8,427
6.000         10,71                             12,12
6.500         12,45                             12,76
7.000         11,06                             10,6
7.500         10,03                             10,12
8.000         9,466                             9,755
8.500         8,746                             9,455
9.000         7,751                             9,409
9.500         6,679                             8,799

Power (Hp)

Rpm         Porting standar         Inlet + ruang bakar halus

5.500         4,691                             6,531
6.000         8,839                             10,3
6.500         11,20                             11,75
7.000         10,88                             10,39
7.500         10,56                             10,63
8.000         10,65                              10,98
8.500         10,44                              11,29
9.000         9,809                             11,91
9.500         8,924                             11,76



KOMENTAR ( 2 )

    • Anisa Sofiani
    • Senin, 09 Juni 2014 09:01 WIB
    Pengujian di atas jelas beda ukuran inlet, yang satu lebih kecil ukurannya daripada yang halus. tenaga jelas beda,
    • Anisa Sofiani
    • Senin, 09 Juni 2014 08:59 WIB
    Sebaiknya M+ bikin komparasi dengan alat ukur. misal, inlet port 23 mm dipolish seperti kaca, dan inlet port 23 mm kasar tanpa polish. kedua inlet diameter, bentuk, ukuran, dn kerataan sama. cuma beda halus dan kasar. kalau metode pengujian seperti artike
  • Silahkan Login untuk kirim komentar anda.

Terkait

Dani Pedrosa Merasa Beruntung Dengan Hasil Tes
MotoGP
Dani Pedrosa Merasa Beruntung Dengan Hasil Tes

Senin, 20 Maret 2017 12:19 WIB

Headlamp Bolt On Khusus Sport
Bree Custom
Headlamp Bolt On Khusus Sport

Jumat, 03 Maret 2017 13:18 WIB

Agar Tak Sering Bongkar CVT (Bagian 2 Habis)
Busa Filter Di CVT Vario 125
Agar Tak Sering Bongkar CVT (Bagian 2 Habis)

Sabtu, 21 Januari 2017 19:15 WIB

Agar Tak Sering Bongkar CVT
Busa Filter Di CVT Vario 125
Agar Tak Sering Bongkar CVT

Sabtu, 21 Januari 2017 19:15 WIB

Modifikasi Kaki-Kaki Yamaha Mio Racing Look Buat Kontes
Yamaha Mio 2010 (Bekasi)
Modifikasi Kaki-Kaki Yamaha Mio Racing Look Buat Kontes

Sabtu, 24 Desember 2016 05:15 WIB

Modifikasi Rangka Yamaha Mio Racing Look Buat Kontes
Yamaha Mio 2010 (Bekasi)
Modifikasi Rangka Yamaha Mio Racing Look Buat Kontes

Sabtu, 24 Desember 2016 05:15 WIB

Photo

Indeks

MOS

Indeks
Gathering Vario 125-150 eSP Tangerang Owner Community
Gathering Vario 125-150 eSP Tangerang Owner Community
Gathering Vario 125-150 eSP Tangerang Owner Community

Minggu, 19 Maret 2017 21:31 WIB