Catat Nih Bro Mulai September 5 Kota Ini Larang Motor Lewat

  • Kamis, 10 Agustus 2017 06:27 WIB

Jakarta diperluas larang motor lewat | Tribunnews.com

Catat nih bro sudah siap 5 kota ada jalur dalam kota melarang motor lewat.

5 Kota ini masuk dalam wilayah Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

5 kota ini Jakarta, Tangerang Kota-Tangerang Selatan, Bekasi, Depok, dan Bogor.

BPTJ yang mengusulkan adanya jalur pembatasan penggunaan motor motor di delapan jalan di Jabodetabek secara bersamaan.

(BACA JUGA: Ketua AISI Keberatan Kawasan Protokol Yang Melarang Motor Lewat Diperluas)

Kedelapan jalan tersebut diantaranya Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Rasuna Said  (DKI Jakarta), Jalan Jenderal Sudirman (Tangerang), Jalan H Juanda, Jalan Raya Serpong (Tangerang Selatan), Jalan Jenderal Ahmad Yani (Bekasi), Jalan Raya Margonda (Depok) dan Jalan Padjajaran (Bogor).

Kepala BPTJ, Bambang Tri Hartono, mengatakan, pihaknya telah membicarakan usulan perluasan larangan sepeda motor dengan Dinas Perhubungan (Dishub) yang berada di lima wilayah tersebut.

Menurutnya, karena Jakarta akan menerapkan kebijakan perluasan larangan motor pada September 2017, maka daerah lainnya harus mengikutinya.

Akan menjadi aneh, jika hanya Jakarta saja yang menerapkan kebijakan tersebut tanda didukung dari daerah sekitar Jakarta.

"Saya minta penerapan kebijakan ini dilakukan secara bersamaan. Kan aneh kenapa di Jakarta ada kebijakan ini, sementara di daerah lain enggak ada. Makanya kami akan undang lagi semua daerah dalam FGD berikutnya," kata Bambang dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Rencana Umum Pengendalian Pembatasan Sepeda Motor di Jabodetabek di Hotel Bidakara, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (8/8).

Ia meminta, Dishub di wilayah Kota Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang dan Bogor mempersiapkan diri dalam sebulan kedepan untuk menerapkan kebijakan tersebut.

Hasil hitung-hitungan BPTJ, biaya transportasi yang bisa dihemat dari penerapan area pembatasan sepeda motor di beberapa jalan di Jakarta dan kota-kota sekitarnya mencapai Rp 21,2 triliun dalam kurun waktu 2018-2038.

Sedangkan, jumlah kecelakaan yang diprediksi akan berkurang mencapai 1,12 persen tiap tahun atau setara dengan 6.573 kecelakaan. (www.motorplus-online.com)

Reporter : Indra
Editor : Niko

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×