Pilihan Laher Roda (Bagian 2 Habis)

  • Selasa, 21 Maret 2017 05:45 WIB

Pilihan Laher Roda (Bagian 2 Habis) | motorplus

Misalnya, pada bearing atau laher Aspira, untuk laher yang sebagian terbuka, memiliki kode huruf RS di belakang kode angka. Pada laher merek Nachi, kodenya ZZE, yang berarti ada tutup di sisi kiri dan kanan.

“Ada juga tipe laher dengan kode 2RS di belakang angka. Artinya kedua sisi tertutup. Jadi, kode laher ini banyak sekali,” bilang mekanik berkulit putih ini.

Menurut Akiun, yang perlu dipahami saat memasangnya. “Jika menggunakan model sebagian terbuka, aturannya bagian yang terbuka itu menghadap ke dalam. Tujuannya menjaga agar kotoran dan debu tidak mudah masuk,” jelasnya.

Meski begitu model laher terbuka pun kata Akiun tetap gak masalah digunakan. “Sebab, setelah laher masuk ke rumah laher nanti kan ditutup oleh seal. Nah, harus dipastikan seal yang dipakai masih dalam kondisi yang bagus. Seal ini yang pertama kali menahan air dan debu masuk ke dalam laher,” jelasnya.

Kalau dari sisi harga, laher tertutup lebih mahal dari laher sebagian terbuka. Sedangkan laher terbuka paling murah. “Kalau saya yang ditawarkan lebih dulu yang harganya paling murah. Kalau konsumen menanyakan lebih lanjut, baru nantinya saya jelaskan model-model laher,” jelasnya. (www.motorplus-online.com)

Reporter : Redaksi Motorplus.Grid.ID
Editor : Redaksi Motorplus.Grid.ID

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×